Kue kering merupakan kudapan yang sangat populer bagi masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Setiap negara bahkan memiliki ciri khas dan karakter tersendiri dari berbagai jenis kue kering yang ada. Bahkan kue kering menjadi salah satu tradisi kuliner yang punya sejarah panjang bagi masing-masing negara. Inggris dan Prancis menjadi dua negara yang memiliki pengaruh besar dalam hal kuliner manis di dunia, termasuk dalam hal kue kering. Lalu, apa saja yang membedakan antara biskuit dan madeleine yang merupakan kue kering dari Inggris dan kue kering dari Prancis ini? Yuk, cari tahu!

Tekstur

Di Inggris kue kering biasa disebut sebagai biskuit yang diambil dari bahasa latin bis dan coquere. Kedua kata ini bila diterjemahkan memiliki arti “dipanggang dua kali”. Pemanggangan dua kali ini menghasilkan karakter biskuit yang keras, tipis, pulen, tetapi rapuh dan mudah hancur saat dimakan. Hal ini menjadikannya kudapan favorit yang biasa dicelupkan kedalam teh. Ini juga tidak lepas dari budaya minum teh yang diadopsi dari budaya kerajaan Inggris.

Berbeda dengan madeleine tradisional asal Prancis yang pada umumnya memiliki bentuk seperti kerang. Dibanding cookies, madeleine memiliki tekstur seperti sponge cake yang keras diluar, namun kenyal serta lembut di dalam.

Rasa

Karakter selanjutnya yang bisa Ibu bedakan dari keduanya adalah tentang rasanya. Biskuit pada umumnya memiliki karakter rasa yang cukup manis. Ini juga berkaitan dengan sejarahnya, yang mana dahulu biskuit juga dijadikan santapan untuk orang yang sedang sakit. 

Teksturnya yang mudah lumer dan manis menjadikannya mudah dimakan dan memberikan energi bagi orang sakit. Rasa manis ini juga membuatnya semakin cocok saat disandingkan dengan segelas teh hangat.

Sedangkan madeleine memiliki rasa yang tidak terlalu manis, karena jumlah gula yang digunakan tidak terlalu banyak. Seperti karakter hidangan Prancis, madeleine lebih menonjolkan aroma roti yang menggoda. Sekarang ini banyak yang menambahkan kacang-kacangan maupun kulit lemon untuk semakin menguatkan aroma kue kering ini.

Bahan baku

Bahan-bahan dalam pembuatan biskuit sangat sederhana, yakni terdiri dari tepung, mentega, serta gula. Ikatan ketiga bahan inilah yang membuat biskuit memiliki karakter yang keras namun mudah hancur. 

Sedangkan madeleine yang berasal dari Prancis ini memiliki bahan dasar tepung, telur, mentega, ekstrak vanilla, serta perasan lemon. Kombinasi bahan-bahan ini membuat madeleine punya aroma yang istimewa perpaduan mentega, vanilla dan lemon. Meskipun tidak terlalu manis, aromanya yang kuat dirasa cocok untuk dinikmati bersama teh maupun kopi.

 

Kue kering Inggris

Contoh kue kering dari Inggris yang cukup terkenal di Indonesia adalah biskuit marie. Biskuit yang manis dan mudah lumer ini punya sejarah terkait kerajaan Inggris. Nama “Marie” diberikan oleh perusahaan biskuit terbesar di Inggris kala itu, Peak Freans Bakery, sebagai penghormatan kepada Ratu Maria Alexandrovna yang menikah dengan seorang bangsawan Inggris.

Selain biskuit marie, masih banyak lagi jenis biskut yang tidak kalah populer seperti gingerbread, scottish shortbread, petticoat tail, parlies, serta masih banyak lagi.

Kue kering Prancis

Meskipun saat ini masih banyak yang mempertahankan resep madeleine tradisional, dalam perkembangannya kue kering ini juga mengalami berbagai inovasi. Ada yang menambahkan isian ganache cokelat, almond, pistachio, maupun karamel sebagai isiannya. 

Selain itu, madeleine bisa juga dipadukan dengan beragam topping seperti parutan kelapa atau crumble, bahkan ada pula yang menambahkan rasa matcha maupun red velvet dalam campuran adonannya. Apalagi kalau menambahkan Royal Palmia Butter Margarine untuk membuat madeleine, dijamin harum hasilnya.

***

Dengan mengetahui perbedaan karakteristik kue kering dari Inggris serta kue kering dari Prancis, Ibu WOW bisa memilih sendiri mana yang lebih cocok untuk diproduksi. Keduanya memiliki karakter dan keunikannya tersendiri. Pada penerapannya, kedua jenis kue kering ini memiliki segmentasi yang berbeda sehingga Ibu bisa mempertimbangkan mana yang akan lebih laku dijual.