Selalu belajar merupakan salah satu sikap yang baik dimiliki oleh pengusaha, apalagi pengusaha makanan dan minuman yang memang dituntut untuk senantiasa cepat tanggap terhadap tren kuliner. Salah satu cara mendapatkan pembelajaran itu adalah dengan mengamati pengusaha lain. Dengan mempelajari kisah inspiratif para pengusaha makanan, kita bisa menerapkan pembelajaran dari kesuksesan mereka.
Kali ini kita akan menilik beberapa cerita yang dapat kita pelajari bersama dari usaha makanan ringan instan dan restoran. Semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat untuk usaha kuliner Anda!
Kisah Raja Ngemil, Sukses dari Tiktok
Apabila Anda termasuk penggemar basreng, mungkin tidak asing dengan merk Raja Ngemil. Usaha Raja Basreng ini dirintis oleh Nadine Fatia yang saat itu baru berusia 21 tahun. Dengan modal awal 300 ribu, dia menjual basrengnya melalui Tiktok Live. Raja Basreng memang memiliki presensi yang kuat di media sosial. Ini terlihat dari marketing mereka di Instagram, Facebook, dan Tiktok. Saat ini, omset Raja Ngemil bisa mencapai 50 juta sehari. Tidak berhenti pada basreng saja, Nadine berusaha untuk mengembangkan Raja Ngemil dengan menghadirkan berbagai cemilan yang lain, seperti keripik kaca dan mie lidi.
Takeaway yang bisa diambil: Siasati modal kecil dengan promosi gratis dengan media sosial. Manfaatkan setiap platform untuk memaksimalkan presensi Anda, sehingga produk Anda dapat menjadi top of mind para penikmatnya.
Kisah Sukses Santoni, Keberanian Ekspansi Hingga ke Luar Negeri
Pernahkah Anda melihat atau bahkan menikmati santapan di Restoran Bumbu Desa? Restoran ini memang memiliki banyak sekali cabang, bahkan hingga ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Didirikan oleh Santoni di tahun 2004, restoran berkonsep rumah makan khas Sunda ini telah memiliki omset hingga miliaran rupiah setiap bulannya.
Takeaway yang bisa diambil: Sistem manajemen yang baik merupakan kunci ekspansi usaha kuliner yang berhasil. Pastikan setiap cabangnya memiliki kualitas makanan, kebersihan, dan pelayanan yang sesuai standar.
Kisah Puyo Silky Dessert, Manisnya Bisnis Dessert
Kreasi dessert di Indonesia memang tidak ada habisnya, termasuk pudding. Salah satu pemain dessert pudding yang memiliki nama adalah Puyo Silky Dessert. Puyo sendiri merupakan merk soft pudding yang didirikan oleh kakak beradik Adrian dan Eugene pada tahun 2013. Resep puding Puyo ternyata merupakan hasil percobaan ayah mereka yang memang gemar memasak. Respon positif yang diberikan oleh sanak keluarga terhadap dessert buatan ayah mereka ini yang membuat Adrian dan Eugene mulai memasarkan Puyo untuk umum. Yang mulanya adalah bisnis rumahan, kini Puyo bisa didapatkan dari gerai di berbagai pusat perbelanjaan.
Takeaway yang bisa diambil: Kita selalu bisa memulai usaha kuliner dari level rumahan. Jangan ragu untuk bereksperimen agar mendapatkan resep terbaik untuk usaha Anda.