Bagi banyak pebisnis, Instagram menjadi cara mempromosikan usaha kuliner secara online. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang sangat banyak membuat Instagram menjadi cara promosi makanan online yang mampu menjangkau kalangan luas. Agar mampu bersaing dengan akun lainnya, beberapa tips ini bisa diterapkan dalam bagaimana cara menjual makanan di media sosial Instagram.

Upload Visual Produk yang Menarik

Bagaimana cara promosi produk makanan tentu harus disesuaikan dengan di mana promosi itu dilakukan. Instagram menonjolkan konten foto dan video, sehingga usahakan untuk mengupload materi visual yang eye-catching. Apabila belum bisa menggunakan jasa fotografer makanan profesional, Anda bisa bereksperimen sendiri dengan kamera ponsel dan material yang sudah ada. 

Optimalkan Caption Promo Makanan

Dalam menjual produk kuliner, kata-kata promosi makanan berperan sangat penting! Usahakan untuk mendeskripsikan makanan secara detail namun tetap rapi. Pada bagian awal, Anda bisa membuat hook atau kalimat yang menarik perhatian. Tambahkan juga penjelasan mengenai tekstur, suasana yang tepat untuk mengkonsumsi produk tersebut, hingga manfaat yang bisa didapatkan konsumen. Pastikan untuk menambahkan penjelasan cara mendapatkan produk tersebut melalui call to action (CTA) agar audiens dapat membeli produk Anda.

Saat ini Instagram juga sering digunakan sebagai mesin pencari, jadi Anda dapat menambahkan keyword atau kata kunci seperti jenis makanan dan lokasi penjualan di caption. Penambahan keyword ini bisa membuat konten muncul ketika ada audiens yang mencari menu tersebut.

Contoh caption untuk usaha makanan:

Apa yang terjadi kalau donat ketemu croissant? Jadinya cronut yang manis dan renyah!

Dengan topping cokelat, stroberi, dan matcha, dapatkan cronut fresh from the oven dari WOW Bakery. Ssst, lagi free ongkir untuk wilayah Jakarta Utara lho! Segera pesan melalui WhatsApp 0888-xxxx-xxxx atau klik tombol kontak di profil. 

#CronutJakarta #CronutJakartaUtara

Manfaatkan Fitur Story dan Highlights

Instagram memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan ketika melakukan promosi usaha kuliner, salah satunya adalah Instagram Story. Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk menunjukan otentisitas bisnis Anda. Beberapa contoh konten yang bisa diterapkan pada Instagram Stories adalah konten yang menunjukan proses pengolahan produk di dapur, update menu, atau bahkan notifikasi promo spesial untuk audiens Anda. Apabila konten Story tersebut dianggap relevan selepas 24 jam, Anda bisa memasukkannya ke dalam fitur Highlights.

Pertimbangkan Kerja Sama dengan Influencer

Jika Anda memiliki budget berlebih, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan endorsement kepada influencer. Dengan banyaknya influencer makanan saat ini, Anda dapat memilih niche yang tepat dengan bisnis Anda. Apabila ingin bisnis makanan Anda dikenal secara lebih luas, Anda bisa memilih influencer tier mid atau macro tier. Jika tujuannya adalah engagement, maka influencer nano atau micro bisa menjadi pilihan.

Jalin Komunikasi dengan Audiens

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens di Instagram Anda. Hal ini penting dilakukan untuk menjalin kedekatan, keterlibatan, dan kesetiaan mereka terhadap usaha kuliner Anda. Anda bisa menjawab DM dan komentar secara rutin atau memanfaatkan berbagai stiker di Instagram Story untuk memulai interaksi.