Bisnis kuliner daerah di Indonesia telah menjamur dari dulu hingga sekarang. Semakin banyaknya pesaing, membuat pengusaha harus menerapkan strategi pemasaran usaha makanan khas daerah yang tepat. Hal ini agar usaha tersebut dapat bersaing dengan kualitas yang baik.
Dikutip dari buku Strategi Pemasaran oleh Nur Ika Effendi, dkk (2022:52) strategi pemasaran adalah proses atau model yang pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dalam memfokuskan sumber daya yang terbatas.
Tujuan dari penetuan strategi tersbut adalah meningkatkan penjualan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sehingga omzet yang didapatkan dapay meningkat setiap harinya.
Strategi Pemasaran Usaha Makanan Khas Daerah
Penting membangun sebuah usaha kuliner dengan konsisten dan dapat menarik konsumen. Sebab, bisnis kuliner memiliki persaingan ketat dengan produk makanan lain. Untuk mencapainya, berikut strategi pemasaran usaha makanan khas daerah yang dapat dilakukan.
1. Buat Website
Strategi yang pertama adalah membuat website sebagai sarana untuk menjangkau konsumen secara luas. Selain itu, website akan meningkatkan brand awareness, dan juga memanfaatkan pemasaran digital.
Website prosuk makanan khas daerah tersebut dapat memberikan informasi secara detail kepada pelanggan dengan mudah. Beberapa website builder yang dapat dijadikan referensi adalah GoStore, Storelogy, Shopify, Wix, Squarespace, dan Wordpress.
2. Memanfaatkan Iklan di Media Sosial
Selanjutnya, makanan khas daerah dapat dipromosikan melalui berbagai platform media sosial. Strategi akan membantu pemasaran produk secara efektif dan lebih luas. Beberapa medsos tersebut adalah Instagram Shopping, Facebook Marketplace dan Google for Retail.
3. Bergabung Dengan Komunitas Daerah
Strategi pemasaran usaha makanan khas daerah berikutnya adalah bergabung dengan komunitas setempat. Hal ini akan memperluas kembali jangkauan konsumen yang diharapkan. Komunitas yang diikuti pun harus sesuai dengan target pasar makanan daerah.
4. Tawarkan Diskon Untuk Waktu atau Acara Tertentu
Menawarkan potongan harga pada acara tertentu juga dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif. Waktu pemberian diskon juga harus diperhatikan untuk meningkatkan minat konsumen.
Selain berdasarkan waktu, potongan harga juga dapat diberikan pada acara tertentu. Seperti pada momen bazar suatu acara, hingga pameran di beberapa acara.
5. Menggunakan Jasa Endorsement
Terakhir adalah pemakaian jasa endorsment. Hal ini penting untuk dipertimbangkan mengingat penggunaan media sosial yang sangat besar pada masyarakat Indonesia.
Endorsement sendiri adalah jasa yang ditawarkan oleh para influencer untuk mempromosikan produk yang dijual. Penting untuk memperhatikan jumlah pengikut influencer tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada impression pada produk.
Strategi pemasaran usaha makanan khas daerah termasuk dalam upaya pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, beberapa strategi di atas dapat dijadikan referensi dalam menentukan pemasaran yang dibutuhkan. (NUM)