Di tengah perkembangan digital saat ini, memiliki strategi media sosial yang solid adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis yang sukses, termasuk bisnis kuliner. 

Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis kuliner Anda akan mendapat kesempatan lebih besar untuk peningkatan penjualan, peningkatan loyalitas pelanggan, bahkan akan memengaruhi reputasi bisnis kuliner yang Anda jalani. 

Namun, bagi sebagian pelaku usaha, membuat konten di media sosial bukanlah hal mudah. Dibutuhkan ide-ide baru, agar konten menarik dan tak membosankan.

Jika Anda bingung harus membuat konten apa, berikut ini 5 ide konten yang cocok untuk bisnis kuliner, seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Ulasan dari pelanggan 

Postingan seperti ulasan atau review di masa kini adalah sebuah kata kunci menuju kesuksesan bisnis.

Dengan adanya konten review, tidak hanya memicu keinginan pelanggan lain untuk turut membeli produk Anda, melainkan juga meneguhkan kredibilitas bisnis Anda dengan membangun kepercayaan pelanggan. 

2. Demo Persiapan Masakan 

Ketahuilah, bahwa audiens juga menyukai bagaimana Anda mempersiapkan bahan-bahan yang kemudian akan diolah menjadi produk unggulan di resto Anda. 

Variasi untuk postingan seperti ini, bisa dibuat menjadi postingan foto yang menunjukkan bahan dasar ataupun video berisi makanan-makanan terbaik dari menu Anda.

3. Behind the Scenes 

Berikan audiens Anda cuplikan, bagaimana situasi dan kondisi dapur Anda ketika sedang memproses sebuah menu. 

Konten behind the scenes ini menjadi sebuah kepentingan yang harus diketahui oleh audiens Anda, apalagi jika dalam kondisi khusus, misalnya pada masa pandemi Covid-19. Hal ini berkaitan dengan kebersihan dan keamanan proses produksi makanan. 

Perlihatkan pada pelanggan Anda, bahwa Anda menerapkan keterjaminan kebersihan di dapur. 

4. Memperkenalkan karyawan di dapur ataupun admin 

Sesekali Anda bisa membuat konten yang memperkenalkan para staff resto, yang selama ini berada di balik layar dan di belakang dapur. 

Anda bisa menginstruksikan para staff untuk memperkenalkan diri, menunjukkan bakat, dan menyampaikan hobi mereka. 

Hal seperti ini akan membuat para pelanggan merasa dekat dan mengenal resto Anda.

5. Membagikan kembali postingan pelanggan 

Umumnya, jika pelanggan Anda melihat bahwa postingannya dibagikan kembali di akun bisnis kuliner Anda, mereka akan merasa senang. 

Dengan demikian, Anda juga telah membuka peluang bagi pelanggan lainnya untuk turut membeli produk dari etalase Anda 

Selain 5 ide di atas yang dapat Anda lakukan untuk menarik banyak perhatian dari pelanggan, Anda juga dapat melakukan sesi live streaming yang juga berguna untuk meningkatkan hubungan kedekatan dengan pelanggan. Selamat mencoba!

Artikel ini diambil dari Kompas.com.